Kamis, 04 November 2010

Terumbu Karang adalah Kunci Emas Masa Depanku


Indonesia memiliki kekayaan laut yang sangat menakjubkan karena di hiasi dengan adanya keindahan terumbu karang, padang lamun, rumput laut, keanekaragaman ikan dan hewan-hewan laut, serta masih banyak lagi. yang lebih menonjol dari keindahan laut Indonesia yaitu Keindahan Terumbu karang, yang luasnya 85.000 km2 dan memiliki 400 jenis 47 marga. Terumbu Karang merupakan tempat tinggal  makhluk hidup di bawah laut, sehingga semua makhluk hidup kehidupannya tergantung dengan kehidupan terumbu karang. Terumbu karang ini juga layaknya seperti manusia yang membutuhkan hidup. Di mana terumbu karang memiliki syarat-syarat tertentu untuk dapat hidup sehat; yaitu perairan dangkal kurang dari 50 m , suhu air kurang lebih 20 - 28 derajat, kandungan garam di perairan haarus normal, cahaya matahari yang cukup. 

Terumbu Karang memiliki begitu banyak manfaat bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya , seperti ; tempat  tinggal makhluk hidup bawah laut, memberikan perlindungan terhadap sarana yang ada dari hempasan ombak, dapat meningkatkan produksi ikan yang selanjutnya akan mengembangkan industri-industri ekonomi seperti ekspor ikan dan mutiara, dapat di jadikan sebagai wisata bahari. Begitu banyak manfaat dari terumbu karang itu sendiri. Namun, manfaat itu tidak akan bermanfaat jika kita tidak menjaga, merawat, melindungi. Hasilnya pun akan berdampak negatif kepada kita sendiri.
Dampak negatif pun berasal dari kegiatan manusiayang secara langsung maupun tidak langsung. Secara tidak langsung seperti ; penggundulan hutan yang menyebabkan banjir sehingga membawa lumpur ke laut, pencemaran, serta kegiatan seperti pengeboran minyak dan pembuangan sampah maupun kotoran ke laut. Sedangkan secara langsung seperti; penggunaan bahan peledak, racun, jala tarik, penggunaan karang batu sebagai bahan bangunan, pemasangan bubu di atas karang, pariwisata yang tidak bertanggung jawab, dan mengambil komponen ekosistem terumbu karang sebagai bahan hiasan (kolektor). Jika ini di lakukan dan di biarkan begitu saja terumbu karang akan rusak , hancur, dan hilang. Nah, ketika teumbu karang sudah tidak ada atau sedikit demi sedikit menghilang, ke depannya kehidupan manusia akan terancam dengan berbagai teror bencana alam. Tidak ada lagi yang bisa menahan tsunami, tidak ada lagi ikan yang sehat dan berlimpah, tempat-tempat wisata akan terancam bankrut, perekonomia semakin di bawah garis kemiskinan, dan masih banyak lagi yang penulis tidak dapat ungkapkan melalui tuts-tuts keyboard.

Jadi, menjaga, merawat, melindung terumbu karang beserta komponennya sangatlah penting. Di mana masing-masing komponen tersebut memiliki peran tersendiri yang amat penting. Terumbu karang beserta komponen-komponennyalah yang menjadi sebuah kunci emas di mana sangat berarti untuk membuka pintu masa depan generasi muda. (Isyraqi)











Tidak ada komentar:

Posting Komentar